20161207-sl_2_0_turbo__84.jpg
Toyota corolla DX mobil yang bisa di bilang mobil tua tetapi memiliki desain yang menarik.mobil jenis sedan keluaran Toyota pada tahun 1980 sampai 1983 dan termasuk dalam generasi ke 4 Toyota Corolla, saat ini (2015) Toyota Corolla sudah masuk generasi ke 11 yakni Corolla Altis. Mobil sedan dengan 4 pintu ini memakai mesin 1300 cc atau dikenal dengan mesin toyota berkode 4K, tenaga yang bisa dihasilkan oleh mobil ini "Corolla DX" adalah 55 Hp lumayan bukan untuk mobil awal 80an.
toyota corolla DX adalah generasi ke empat dari keluarga corolla dan merupakan seri terakhir untuk keluarga corolla dengan pengerak roda belakang (RWD) meski mobil ini memiliki banyak varian di seluruh dunia , indonesia sendiri resminnya yang beredar adalah seri KE70 dengan memiliki 4 pintu dan memiliki mesin 4K 1300CC.
Masih soal Corolla, hadirnya Corolla di Indonesia sekitar tahun 1972, yakni mulai dari generasi kedua dengan kode sasis E20 yang di produksi tahun 1966-1970 yang merupakan pengembangan generasi Corolla pertama dengan kode sasis E10 yang didesain oleh Shirou Sasaki yang waktu itu dia sebagai asistennya Hasegawa dan ia terkenal sebagai "Development Leader of the first-generation Corolla". Kemudian Corolla ini terus berevolusi dari produk para Development Leader Corolla hingga menetaskan 11 generasi corolla lainnya hingga saat ini. Berikut daftar generasi pertama Corolla hingga generasi terakhir.
secara umum mobil ini memiliki beberapa jenis model yang berdar di indonesia. Meskipun begitu, umurnya terbilang cukup uzur namun mobil ini tetaplah digemari oleh kaula muda. Terlebih mobil ini merupakan sedan corolla terakhir kalinya yang masih dapat mempertahankan sistem penggerak pada roda belakang. Ini artinya, mobil ini masih dapat digunakan dalam memacu adrenalin dalam salah satu ajang motorsport.
Dilihat dari hargannya mobil ini sekarang tentu saja murah jika dibandingkan dengan mobil lain, untuk Corolla DX dengan keadaan yang standar bisa dijual dengan harga 20 juta rupiah akan tetapi untuk yang keadaannya istimewa (bagus) bisa 30 jutaan.
Dari bagian desain interiornya toyota corolla dx ini memiliki perubahan yaitu kabinnya yang semakin luas , seperti pada hal sedan kompak tahun 80 an. pada bagian dashboard ini hanya memiliki pengontrol AC dan idle , serta dilengkapi dengan tape player pada bagian paling atas
Selama 5 tahun corolla DX (80 sampai 84) mobil ini mengalami perubahan minor selama 4 kali (tiap tahun), jadi ada sedikit perbedaan antara Corolla DX 1980 dengan yang 82 sampai 83 dimana kebanyakan perubahan pada lampu depan dan bumper mobil. Jadi jangan heran kalau lampu depan ada yang bundar dan ada yang kotak (tergantung tahun keluaran)
Kinerja mesin mobil toyota corolla DX
Corolla Dx yang terdapat di indonesia ini hanyalah menggunakan satu jenis tipe mesin 4k 8 katup SOHC. Memiliki mesin dengan kapasitas 1.300 cc (1,3 liter) menggunakan pasokan bahan bakar karbourator dengan menggunakan sistem OHV. Untuk tenaga yang akan dihasilkannya hanya sebatas pada 62 HP pada 5.600 RPM serta torsi 97 Nm di angka 3.600 RPM.

Mesin menggunakan 4K yang dikenal tanggun, serta jarang rewel. Penggunaan ini akan dipertahankan hingga akhirnya nanti lahir kijang kapsul sebelum memasuki era tahun 2000-an. Oleh karena itu, maka sparepart di pasaran masih sangat melimpah ruah dengan berbagai kwalitas, hingga kualitas ori maupun kw dan juga harganya relatif murah.