20161123-11.jpg

Jika Anda sering berpergian mengendarai mobil, pastinya anda pernah mengalami yang namanya kehabisan bensin ditengah – tengah perjalanan. Bensin yang hampir habis akan dapat diketahuiketika jarum bahan bakar sudah menyentuh level "E" alias empty (kosong). Saat hal ini terjadi, apa reaksi Anda? Apakah Anda menjadi panik dan khawatir mobil akan mogok ?
Kondisi jarum bahan bakar di level E memang menginformasikan pengemudi bahwa sudah saatnya tangki diisi kembali. Namun bukan berarti Anda harus langsung panik. Mobil Anda tak akan langsung mogok ditempat karena kehabisan bensin kok, hal karena masih ada BBM tersisa untuk perjalanan darurat.
Dilansir dari kompas.com, diketahui bahwa setiap kendaraan punya sisa bahan bakar meski indikator sudah menunjuk huruf “E”. Nah, cadangan bensin ini besarnya antara 10 persen sampai 15 persen dari volume penuh tangki mobil. anda dapat cek buku manual Toyota anda untuk tahu lebih jelasnya tentang besar volume tangki cadangan ini.
Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor juga ikut menjelaskan seperti pada Toyota Yaris dan Vios, cadangan sekitar 6,8 liter sampai 7 liter dari total 45 liter.
“Jika dikonversi menjadi persen cukup lumayan (sekitar 15,5 persen). Jadi semakin besar kapasitas tangkinya, semakin besar pula cadangannya, begitu pun sebaliknya,” ujar Iwan.
Nah sekarang Anda sudah tidak perlu panik dan kelabakan jika bensin mobil Anda menunjuk “E” ya. Nah Anda sebaiknya juga mengisi bensin Anda sebelum berpergian jauh ya.